Sabtu, 05 Juni 2021

Poin Buku Pada Kenaikan Pangkat PNS

 Poin Buku Pada Kenaikan Pangkat PNS


"Ubah hidupmu hari ini. Jangan bertaruh pada masa depan, bertindaklah sekarang tanpa menunda." Simone de Beauvoir.

Sebelum mengikuti pertemuan malam ini, mari kita simak biodata dari Narasumber.

Nama : Dr. H. IMRON ROSIDI, M.Pd Tempat/Tanggal Lahir : Surabaya, 10 Juni 1966.

 Agama : Islam

 Pangkat/Gol. Ruang : Pembina Utama Madya/ IV d

 Masa Kerja sebagai Guru : 32 tahun, 5 bulan

 Masa Kerja Keseluruhan : 36 tahun, 5 bulan

 Pendidikan terakhir :

                                   1. D3 IKIP Surabaya

                                   2. S1 IKIP Negeri Malang

                                   3. S2 Universitas Negeri Malang

                                   4. S3 Universitas Negeri Malang

 Fakultas/Jurusan : Pendidikan Bahasa Indonesia

 Hobi : Membaca, Menulis buku pelajaran dan umum, Olahraga Pencak Silat

 Pengalaman mengajar : 1. SMA Negeri Sangkapura Bawean

                                        2. SMA Negeri 2 Pasuruan

                                        3. SMK Negeri 2 Pasuruan

                                        4. SMK Negeri Tutur Kab. Pasuruan

                                        5. STKIP/Uniwara PGRI Pasuruan

                                        6. Pondok Pesantren Sidogiri dan Salafiyah

                                        7. Pondok Pesantren Ini Dalwa Pasuruan

 Pengalaman Berorganisasi: 1. Pengurus Dewan Pendidikan Kota Pasuruan

                                              2. Pengurus Dewan Kesenian Kota Pasuruan

                                              3. Pengurus PGRI Kota Pasuruan

                                              4. Pengurus Asosiasi Penulis Pendidik Indonesia

                                              5. Ketua AGBSI Jawa Timur

                                              6. Pengurus Pusat dan cabang Pencak Organisasi

 Prestasi yang pernah diraih :

1) Juara II dan III Lomba Penulisan Buku tingkat nasional

2) Juara II tingkat Nasional Lomba Keberhasilan Guru (LKG)

3) Terpilih sebagai peserta pertukaran tokoh masyarakat Indonesia-Amerika

4) Penulis artikel terbaik versi majalah Media Jatim selama 2 tahun berturut-turut

5) Juara I Guru Prestasi Tingkat nasional

6) Juara I Guru Prestasi tingkat Jatim

7) Terpilih menjadi peserta kunjungan ke Australia

8) Juara Lomba Best Practice Tingkat Nasional

9) Juara III Lomba Karya Ilmiah tingkat Jawa Timur

10) Juara 1 Menulis Legenda Pasuruan 2016

11) Instruktur Nasional Kurikulum 2013 untuk Kepala Sekolah

12) Narasumber untuk Instruktur Nasional Kurikulum 2013 untuk guru

13) Penulis buku pelajaran, buku pendidikan dan buku umum dari penerbit UM Press, Kanisius Jogja, 

YA3 Malang, dll.

14) Penulis artikel populer dalam majalah Media Jatim dan Radar Bromo serta artikel ilmiah pada 

beberapa Jurnal.

15) Beberapa kali menjadi finalis lomba karya tulis tingkat nasional

 

Untuk sekarang beliau menjadi tim penilai kenaikan pangkat propinsi Jawa Timur dan menjabat sebagai Koordinator, juga menjabat sebagai tim penilai angka kredit pusat untuk golongan 4C, 4D dan 4E.

Beliau menjelaskan bahwa untuk kenaikan pangkat bagi guru PNS, buku yang ditulis harus sesuai dengan aturan yang ada pada buku 4.

Berdasarkan Ketentuan Pasal 17,  Permenneg PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009, jumlah minimum angka kredit untuk memenuhi persyaratan kenaikan pangkat/jabatan guru dari unsur pengembangan keprofesian berkelanjutan adalah sebagai berikut. 

Jumlah Angka Kredit yang dipersyaratkan dalam buku 4

*) bagi Guru Madya, golongan ruang IV/c, yang akan naik jabatan menjadi Guru Utama, golongan ruang IV/d, wajib melaksanakan presentasi ilmiah. 

jenis publikasi ilmiah yang diperlukan dalam pak tahunan guru

Buku untuk kenaikan pangkat terbagi menjadi dua yaitu :

1.    Publikasi Ilmiah

a.    Buku Hasil Penelitian

       1) PTK atau PTS. Untuk PTK dan PTS harus diseminarkan minimal ada 15 peserta seminar dari sekolahyang berbeda.

       2) Mengubah laporan penelitian dalam bentuk buku

       3) Bisa berupa PTK, Tesis atau Disertasi yang diubah menjadi buku

       4) Buku yang diterbitkan ber-ISBN dan diedarkan secara nasional atau ada pengakuan dari BSNP memiliki nilai angka kredit 4 poin

b.    Buku Teks Pelajaran

    1) Ber-ISBN Lengkap

    2) Buku yang berisi tentang pengetahuan untuk bidang ilmu atau mata pelajaran tertentu dan diperuntukkan bagi peserta didik pada suatu jenjang Pendidikan tertentu.

    3) Jika Buku tersebut sudah diakui BSNP memiliki nilai angka kredit 6 point

    4) Jika Buku tersebut hanya Ber-ISBN belum diakui BSNP memiliki nilai angka kredit 3

    5) Jika buku tersebut tidak ber-ISBN maka nilai angka kreditnya hanya 1 point

c.    Buku Pengayaan

    1) Modul/Diktat

   -    Modul bertujuan agar siswa dapat belajar sendiri

        -    Diktat bertujuan mempermudah/memperkaya materi mata pelajaran/bidang studi yang 

             disampaikan oleh guru dengan ketentuan :

            a)    Minimal dibuat per semester

            b)    Bisa dibuat per tahun

            c)    Jika diterbitkan di tingkat provinsi maka nilai angka kreditnya 1,5 point

            d)    Jika diterbitkan di tingkat kabupaten/Kota maka nilai angka kreditnya 1 point

            e)    Jika diterbitkan di tingkat sekolah maka nilai angka kreditnya 0,5 point

    2) Buku Pendidikan

            a) Buku dalam bidang Pendidikan merupakan buku yang berisi pengetahuan terkait dengan bidang kependidikan.

            b) Jika buku tersebut ber-ISBN maka nilai angka kreditnya 3 point

            c) Jika buku tersebut belum ber-ISBN maka nilai angka kreditnya 1,5 point

    3) Karya Terjemahan

            a) Karya terjemahan adalah tulisan yang dihasilkan dari penerjemahan buku pelajaran atau buku dalam bidang Pendidikan dari Bahasa asing atau Bahasa daerah ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya dari Bahasa Indonesia ke Bahasa daerah atau Bahasa asing yang akan  digunakan untuk membantu proses pembelajaran.

            b) Dalam pembuatannya jika ingin diajukan untuk angka kredit maka disertai surat keterangan dari kepala sekolah bahwa buku tersebut memang diperlukan untuk proses pembelajaran. 

                Selain surat keterangan kepala sekolah juga disertakan buku aslinya atau foto cover buku dan daftar isi buku aslinya.

            c) Buku tersebut menunjang pembelajaran maka angka kreditnya 1 point.

d.    Buku Pedoman Guru        

        1) Buku pedoman guru adalah buku tulisan guru yang berisi rencana kerja tahunan guru.

        2) Buku pedoman guru disajikan dalam bentuk makalah yang berisi rencana kerja tahunan guru, pembuatannya bisa berdasarkan tahun anggaran atau tahun pelajaran.

        3) Buku ini diketik di kertas A4 atau HVS dan dijilid biasa tidak perlu dibukukan.

        4) Dalam buku ini berisi rencana kerja ditambah lampiran-lampiran.

        5) Lampiran-lampiran tersebut bisa berupa prota, promes, silabus dan RPP dsb.

        6) Hanya boleh 1 setiap pengajuan

        7) Buku pedoman guru tersebut memiliki angka kredit 1,5 point

2.    Karya Inovatif

    a.    Buku Kumpulan Puisi

        - 20 puisi atau lebih kategori sederhana yang ber-ISBN

        - Lebih dari 40 puisi kategori kompleks yang ber-ISBN

        - Jika berbentuk antologi maksimal penulis 4 orang dan sebaiknya kita menjadi penulis utama

    b.    Buku Kumpulan Cerpen

        - 5 cerpen atau lebih kategori sederhana yang ber-ISBN

        - Lebih dari 10 cerpen kategori kompleks yang ber-ISBN

        - Jika berbentuk antologi maksimal penulis 4 orang dan sebaiknya kita menjadi penulis utama

    c.    Buku Novel

        - Satu novel kategori sederhana yang ber-ISBN bernilai angka kredit 2 point

        - Dua novel kategori kompleks yang ber-ISBN bernilai angka kredit 4 point

        - Jika berbentuk antologi maksimal penulis 4 orang dan sebaiknya kita menjadi penulis utama

    d.    Artikel

        - Untuk artikel dalam koran yang dikirimkan adalah lembaran koran yang terdapat tulisan kita dan 

          tertulis jelas judul dari koran tersebut.

        - Nilai untuk koran propinsi 1,5 point dan untuk koran daerah bernilai 1 point.

Untuk kenaikan pangkat/golongan mulai III/d ke atas:

  1. Jumlah publikasi yang berbentuk diktat, karya terjemahan, atau tulisan ilmiah populer paling banyak 3 (tiga) buah, buku pedoman guru dibuat paling banyak 1 (satu) buah.  
  2. Penulisan laporan penelitian maksimal 2 laporan per tahun.  
  3. Karya Inovatif maksimal 50% dari angka kredit yang dibutuhkan.

Guru bisa sampai ke golongan 4E. Yang penting semangat untuk menulis.  Penelitian hanya disarankan 1 saja. Jika ingin naik pangkat golongan, maka bisa melakukannya dengan ketentuan-ketentuan seperti di atas.

Clossing Statement beliau adalah "Naiklah pangkat dengan jujur dengan cara menulis dan meneliti".

Selasa, 25 Mei 2021

Membantu dikala senggang

Hari libur Waisak ini kugunakan untuk membantu suamiku. Kebetulan sikecil minta berkeliling naik motor. Jadilah aku menggantikan suami mengerjakan pekerjaannya. Untungnya aku masih mengingat bagaimana cara kerjanya. Cukup dengan menunggui mesin. Jika ada benang yang putus, aku pasang lagi. Jika benang bagian bawah habis, juga cukup diisi dengan benang lagi. Bagian bawah mesin sama seperti yang ada di mesin jahit, memakai sekoci. Jadi harus selalu ditunggui. 
Jika gulungan benang yang ada sudah habis, aku harus menggulung benang lagi dengan mesin gulung benang. Sebenarnya cukup mudah. Hanya saja jika ada benang yang nyangkut, itu bisa membuat mesin tidak mau bekerja. Harus dibersihkan dahulu. Dari tadi pagi pukul 08.00 WIB sampai tadi pukul 11.00 WIB Alhamdulillah lancar-lancar saja. Tetapi mendadak ada benang yang nyangkut dibawah. Membuat mesin tidak mau bekerja. Aku jadi bingung. Kuputuskan untuk berhenti, dan menunggu suamiku pulang. Alhamdulillah pucuk dicinta ulam pun tiba. Yang ditunggu-tunggu akhirnya pulang. Dan mesin pun bisa bekerja lagi. Aku mengajak sikecil untuk tidur siang, karena kulihat dia begitu lelah, belum sempat makan siang, karena dia minta minum ASI terlebih dahulu. Dan akhirnya dia tidur pulas. Sekian dulu ceritaku siang ini.

Selasa, 18 Mei 2021

Tawa renyah diujung pesisir

Jam menandakan pukul 10.00 WIB. Dan kami masih setia menunggu salah satu guru dan ibu kepala sekolah. Tak lama berselang, merekapun datang. Setelahnya diputuskan untuk berjalan ke tepi jalan raya, sambil menunggu mobil yang akan membawa kami melaju kepesisir pantai Ayah. Ada dua mobil yang membawa rombongan kami. Karena jika hanya satu mobil, tidak akan muat menampung jumlah kami 12 orang.

Kami kepesisir pantai Ayah dalam rangka refresing. Tawa dan canda selalu hadir sepanjang perjalanan kami. Sesampainya disana kami memesan aneka seafood untuk makan siang. Tidak semua dari kami memesan masakan, tentunya si empunya hajatlah yang memesan. Si empunya hajat merayakan kebahagiaan nya karena dapat menikmati masa purna tugas dengan kondisi masih sehat dan juga baru saja memiliki cucu kembali dari putra bungsunya.

Sambil menunggu, kami bersantai ditepi pantai, disebuah warung kopi, menikmati keindahan alam pesisir pantai Ayah, sambil makan gorengan dan minum kopi. Angin sepoi-sepoi menambah kenikmatan suasana dipesisir pantai Ayah. Tak terasa waktu semakin siang. Kami melanjutkan kegiatan dengan berfoto Selfi disekitar dermaga. Tentunya dengan polah dan tingkah yang membuat kami tertawa terbahak-bahak. Dari gaya jongkok, melompat, seolah menarik benda, dan mendorong. Tanpa mereka sadari, saya mengabadikan video canda tawa mereka. Setelah beberapa saat kubagikan moment itu digrup WA, merekapun kembali tertawa karena ulah mereka yang lucu terekam dalam video tersebut. Ini akan menjadi kenangan terakhir yang indah bagi si empunya hajat.

Minggu, 09 Mei 2021

Menulis Buku Bersama Ekoji Akademi

 Harga sebuah kesuksesan adalah kerja keras, 
dedikasi terhadap pekerjaan, 
dan penentuan apakah kita menang atau kalah, 
kita telah mengerahkan kemampuan diri kita yang terbaik untuk pekerjaan tersebut. 
(Vince Lombardi)
                 
Seorang  Profesor Eko Indrajit, menjadi Narasumber di pertemuan pelatihan hari ini, dengan moderatornya adalah bu Aam Nurchasanah. 
Sebelum membahas materi, akan lebih nyaman jika kita sudah mengenal sang Narasumber. Berikut profil beliau:

Richardus Eko Indrajit 
 Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit, M.Sc., MBA., Mphil., MA
 
Lahir di Jakarta, 24 Januari 1969. Richardus Eko Indrajit atau Eko Indrajit adalah seorang akademisi dan pakar teknologi informatika asal Indonesia. Selain dikenal sebagai pakar teknologi, Eko Indrajit merupakan seorang pendidik, narasumber berbagai seminar, lokakarya, dan penulis buku serta jurnal yang telah dipublikasikan di dalam maupun luar negeri. Kini, ia tercatat sebagai salah satu anggota Pengurus Besar PGRI dan menjadi Ketua PGR Smart Learning Center and Character (PSLCC) yang berpusat di Gedung Guru Indonesia, PB PGRI, Jalan Tanah Abang III/24 Jakarta Pusat.
 
" Untuk menulis dengan baik, ekspresikan diri Anda seperti orang biasa, 
tetapi berpikirlah seperti orang bijak."  
– Aristoteles
 
Ungkapan di atas selaras dengan kalimat pembuka yang Prof Ekoji sampaikan : "Tulislah suatu hal yang anda sukai dan Kuasai". Kalimat tersebut memang terdengar mudah, tetapi bagi saya pribadi perlu sekali pembiasaan. Meski sudah terbiasa menulis, seperti menulis pesan di WhatsApp maupun di medsos. Tetapi karena masih awam dengan dunia literasi, bagi saya pribadi sungguh sangat perlu melatih diri terus-menerus dan membaca banyak literatur serta hasil tulisan teman-teman. 

Sebuah pertanyaan yang sangat menarik perhatian saya dari Prof. Ekoji yaitu " Apakah ada diantara Ibu dan Bapak yang mau mengikuti jejak Prof Aam menjadi penulis bersama saya?. Untuk saya pribadi tentu saja jawabannya adalah sangat mau. Karena tujuan saya mengikuti kegiatan ini adalah agar mempunyai buku sendiri. Saya merasa sangat beruntung, dipertemukan orang-orang hebat yang menjadi motivator besar saya di dunia literasi. 

Untuk dapat menulis bersama dengan Prof. Ekoji, ada beberapa langkah yang harus dilalui yaitu :
  1. Subscribe Ekoji Channel dan browsing video-video yang ada di dalamnya. Kemudian pilih tema atau judul yang paling menarik perhatian.
  2. Setelah mendapatkan tema yang menarik, kemudian konsultasikan pada bu Aam untuk memastikan apakah ada buku dengan tema atau judul yang sama di masa lalu
  3. setelah memastikan judul, dengarkan kembali video Ekoji untuk mendapatkan butir-butir utama pembahasannya.
  4. Buatlah daftar isi, yang terdiri dari 6 bagian, masing-masing menceritakan mengenai: What, Why, Where, When, Who dan How.
Bagi yang ingin mengikuti nanti mengikuti angkatan "May in Love". Semakin terpicu semangat saya untuk mengikuti tantangan menulis bersama Ekoji karena beliau bersama dengan Pak Joko Irawan M dan Mbak Dwinita dari penerbit Andi siap melatih kami para peserta menulis melalui grup WhatsApp "May in Love" sampai bukunya jadi. Bagi saya yang masih bermodalkan "nekad", kegiatan ini benar-benar peluang besar untuk masa depan saya. 
Sebuah pesan dari Prof. Ekoji yang menurut saya begitu mengena dihati adalah "jangan berfikir dulu karya kita akan hebat, banyak yang akan membeli, kita akan segera terkenal, dan lain sebagainya. Itu Semua adalah konsekuensi logis apabila buku kita berkualitas dan disukai banyak orang. Yang penting adalah kita mulai berkarya membuat buku dari sekarang. Tidak usah terlalu banyak yang dipikirkan." Pesan tersebut sejalan dengan ungkapan dari David Frost yaitu "jangan menjadikan sukses sebagai tujuan, lakukan apa yang Anda cintai dan percayai, maka sukses akan datang dengan sendirinya."

Pada akhir sesi pelatihan Prof. Ekoji menyampaikan Closing statement nya "JUST DO IT!", selaras dengan ungkapan "Aksi adalah kunci dasar untuk semua kesuksesan,"(Pablo Picasso).


 

Jumat, 07 Mei 2021

Proofreading Sebelum Menerbitkan Tulisan



      

Sebagian orang bermimpi untuk sukses, 

sedangkan sebagian lainnya bangun di pagi hari dan mewujudkannya. 

- Wayne Huizenga

Sebuah mimpi sah-sah saja jika dimiliki oleh seseorang. karena dengan bermimpi kita memiliki gairah hidup. Seorang penulis tentunya bermimpi untuk menciptakan sebuah buku karya pribadi. Sebuah buku akan tercipta jika sudah melalui proses penyuntingan terlebih dahulu, atau yang lebih sering dikenal dengan kata Proofreading.

Narasumber kita kali ini akan mengulas tentang "Proofreading Sebelum Menerbitkan Tulisan". Siapakah beliau?

BIODATA SINGKAT

Nama lengkap                   : Susanto, S.Pd.

Nama Komunitas              : Pak D

Tempat, tanggal lahir        : Gombong Kebumen, 29 Juni 1971

Jenis kelamin                     : Laki-Laki

Pekerjaan                           : Guru Kelas SDN Mardiharjo, Kab. Musi Rawas, Prov. Sumatera  Selatan

Pendidikan terakhir           : S1 PGSD

Alamat lengkap                 : Jalan Pesantren Dusun 2 Desa D. Tegalrejo, Kec. Tugumulyo, Kab. Musi Rawas, Sumatera Selatan

Nomor HP/WA                 : 081373353014

Alamat blog pribadi          : www.blogsusanto.com

Akun media sosial :

a.  Facebook: https://www.facebook.com/Susantomusirawas/

b. Twitter: @antok_eni

c. Instagram: @susanto_eni/

Untuk moderator hari ini adalah ibu Rita Wati.

Berikut adalah penjelasan Pak D tentang Proofreading.

Proofreading adalah aktivitas memeriksa kesalahan dalam teks dengan cermat sebelum dipublikasikan atau dibagikan.

Mengedit dan mengoreksi adalah langkah berbeda dalam proses merevisi teks. Pengeditan dapat melibatkan perubahan besar pada konten, struktur, dan bahasa, tetapi proofreading hanya berfokus pada kesalahan kecil dan inkonsistensi.

Menurut "penerbitdeepublish" ada  beberap langkah dalam melakukan pengeditan dan proofreading.

1. Pengeditan Konten

Merevisi draf awal teks, seringkali membuat perubahan signifikan pada konten dan memindahkan, menambahkan atau menghapus seluruh bagian.

2. Pengeditan Baris

Merevisi penggunaan bahasa untuk mengomunikasikan cerita, ide, atau argumen seefektif mungkin. Ini mungkin melibatkan perubahan kata, frasa dan kalimat serta penyusunan ulang paragraf untuk meningkatkan aliran teks. 

3. Menyalin Pengeditan

Memoles kalimat individual untuk memastikan tata bahasa yang benar, sintaks yang jelas, dan konsistensi gaya. Salinan dari editor tidak mengubah konten teks, tetapi jika kalimat atau paragraf ambigu atau canggung, mereka dapat bekerja dengan penulis untuk memperbaikinya.

4. Proofreading

Yang keempat adalah Proofreading:
1.  Cek ejaan. Ejaan ini merujuk ke KBBI, tetapi ada beberapa kata yang mencerminkan gaya
penerbit
2.  Pemenggalan kata-kata yang merujuk ke KBBI
3.  Konsistensi nama dan ketentuan
4.  Perhatikan judul bab dan penomorannya

Melakukan proofreading sesungguhnya kita akan bertindak sebagai seorang “pembaca” dan menilai apakah karya tulis si penulis sudah bisa dimengerti atau justru berbelit-belit. Harapannya, setelah melewati tahapan proofreading, karya tulis tersebut bisa lebih mudah dipahami pembaca.

Seperti halnya saat menulis di blog pribadi. Meskipun blog itu milik pribadi dan bebas, kita juga harus memperhatikan kenyamanan pembaca. Selain typo Kesalahan kecil yang sering terjadi adalah saat memberi spasi (jarak) kata dan tanda koma, tanda titik, tanda seru, atau tanda tanya. Tanda-tanda baca tersebut tidak boleh diketik terpisah dari kata yang mengikutinya. Cara mudah untuk memeriksa kesalahan kita dalam mengetik adalah menekan tombol CTRL bersamaan dengan tombol huruf F (CTRL+F). Lalu, ketikkan tanda koma. Maka akan muncul highlight teks dengan warna kuning. Setelah itu kita periksa apakah ada kesalahan atau ada spasi antara kata dengan tanda koma. Hal yang sama juga di lakukan pada tanda baca lainnya. Jika hal ini kita lakukan maka pos blog menjadi bersih dari kesalahan pengetikan.

Kesalahan kecil lainnya yang biasa dilakukan adalah penulisan di- sebagai awalan dan di sebagai kata depan.  Perlu sedikit keterampilan untuk membedakan keduanya. Jika kata yang mengikuti di adalah verba atau kata kerja maka ditulis serangkai dan kata itu ada bentuk aktifnya yaitu jika diberi imbuhan me-.

Sebagai penulis harus memahami PUEBI dan EYD. Alat yang digunakan oleh Pak. D untuk melakukan proofreading adalah puebi daring dan kbbi daring.

Sebuah kalimat menurut YAOS SEO maksimal terdiri dari 20 kata.

Begitu penjelasan dari Pak D. Dan di akhir sesi beliau memberikan beberapa flyer PUEBI sebagai bahan penulis agar tidak salah dalam menuliskan kalimatnya.

Pelatihan menulis gelombang 18
Hari Jum'at 7 Mei 2021
Oleh Bapak Susanto, S.Pd



Ibu sambung untuk anak-anakku

Kali ini apalagi yang membuat Iren uring-uringan. Tak hentinya ia mengomel dari tadi pagi. Yang cucian tidak ada habisnya, kamar anak-anak b...